Istri Suka Memasak, Namun Suami Tidak Senang?



Akigigs, hasrat istri yang suka memasak di dapur pasti juga dibarengi dengan suka membaca resep di internet atau mencoba resep masakan baru, kemudian hasilnya bisa dinikmati oleh keluarga. Bukan hanya itu, beberapa ibu gaul juga memposting gambarnya di Internet untuk meminta saran dan kritik dari teman-temannya sesama pengguna media sosial. Namun, dibalik keseriusan dan keceriaan dalam memasak ini ternyata terdapat beberapa kisah yang tidak mengenakan, yaitu jika sering ingin mencoba dan mengeksekusi masakan rupanya membuat suami suka memasang wajah cemberut dan omongan yang terbilang menusuk. Hal ini bukanlah tanpa alasan dan hanya reaksi biasa, tetapi dikarenakan mereka juga harus merelakan budget untuk pengeluaran yang dianggap bukan kebutuhan utama keluarga, melainkan pengeluaran tambahan. Perlu diketahui ya akigigs, bahwa suami memang berkewajiban menafkahi istri dan keluarga untuk keberlangsungan hidup dalam jangka pendek ataupun panjang, dan istri dituntut untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan sebijak mungkin. Jadi, jika budget yang dikeluarkan hanya untuk membeli bahan masakan demi eksperimen dan memenuhi hasrat atau keinginan semata maka perlu dipertimbangkan kembali. Alih-alih ingin menyenangkan keluarga namun justru malah sebaliknya. Jika sudah begitu apa yang harus dilakukan? begini tipsnya :
  1. Diskusikan terlebih dahulu dengan suami
    Setelah menyandang status sebagai istri sah dan menjalani kehidupan rumah tangga, maka tidak semua hal yang kita anggap bebas melakukannya sebelum menikah adalah hal biasa. Perlu didiskusikan terlebih dahulu dengan suami dan meminta ijin darinya, karena ini berkaitan dengan keuangan dan keberlangsungan rumah tangga. Pastikan jika memang benar-benar ingin memasak dan membuat hidangan yang belum pernah dicoba adalah makanan yang nanti memang menjadi makanan pokok dalam arti bukan sekedar hanya icip lalu membuangnya agar tenaga dan biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. Bagaimana jika hasil eksekusi gagal? gagal dalam mencoba resep baru sudah hampir dialami banyak ibu rumah tangga, namun yang terpenting di sini adalah makanan gagal tersebut tidak terbuang begitu saja, jika layak dimakan dan dirasa tidak akan menimbulkan gangguan organ tubuh maka perlu untuk memakannya, namun jika tidak lebih baik jangan dipaksakan. Untuk mencoba sampai berhasil, jangan langsung sekali dayung, dalam arti jika hari ini gagal maka carilah tenggang atau jarak waktu yang lama untuk mulai memasaknya kembali supaya tidak boros dalam mengeluarkan budget atau anggaran. Saran pertama ini sekadar menunjukkan dan mengisyaratkan bahwa istri dapat dipercaya oleh suami dalam menghandle keuangan, sehingga ia tidak merasa terbebani.
  2. Jangan Membuat Suasana Semakin Buruk
    Saat suami menunjukkan wajah tidak senang terhadap aktivitas istri di dapur maka jangan membalasnya dengan wajah yang cemberut atau menimpalinya dengan kata-kata kasar karena hanya akan memperburuk suasana. Tunggulah beberapa saat dan carilah waktu yang tepat untuk membicarakan soal 'dapur', karena dengan begitu komunikasi antara pasutri lebih kondusif.
  3. Carilah menu yang disukai suami dan anak
    Untuk menyenangkan suami dan anak maka sangat penting mencari dan memahami apa saja makanan kesukaan mereka, karena hal tersebut dapat menarik perhatiannya. Jika awalnya dibangun dengan rasa tidak senang, maka gunakan cara ketiga ini agar perasaan tidak senang berubah sebaliknya dan istri akan mendapatkan dukungan penuh dari suami serta anak.
  4. Berjanji untuk tidak membahayakan keuangan rumah tangga
    Ada pemasukan maka ada pengeluaran pula, sedapat mungkin hobi suka memasak dan mencoba resep baru tidak membuat anggaran anjlok dan harus menambalnya dengan anggaran lain supaya tidak terjadi ketimpangan dana. Aturlah segala pemasukan serta pengeluaran secara berkala, biasakan untuk tiap hari menyisihkan uang untuk beramal agar rejeki terus lancar dan keuangan rumah tangga tidak seret. Hindari berhutang agar semua jumlah rupiah keluarga tersimpan aman. Jika keuangan aman, tentunya suami juga pasti senang. Suami senang, rumah tangga sehat. Bukan begitu?

    Begitu sobat akigigs, semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan mulai dari sekarang. Bila ada keluhan atau permasalahan baik kecil hingga besar, anda bisa kontak kami di email yang tertera di halaman depan atau meninggalkan pesan di kolom komentar, akan kami balas dengan cepat.




    photo ilust by google

Comments